Ikuti Gerakan Senam untuk Anak-anak Berikut, Cukup 12 Menit di Rumah

Setiap orang mesti aktif bergerak untuk menunjang kesehatan. Selama pandemi Covid-19, masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah, bekerja di rumah, dan belajar dari rumah. Terutama anak-anak, mereka tetap harus berkegiatan yang melibatkan gerakan fisik, sehingga tidak terpaku pada gadget sepanjang hari.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Leny Pintowari mengatakan, anak perlu rutin bergerak atau olahraga setidaknya 60 menit setiap hari. “Pergerakan akan membantu anak tetap sehat, menunjang proses tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal, serta baik untuk perkembangan fisik, mental, dan spiritual,” kata Leny dalam acara virtual “Peluncuran Kampanye 3M ABC – Kampanye edukatif dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi dengan Kalbe Consumer Health melalui Sakatonik ABC” pada Jumat, 5 November 2021.

Leny mengimbau para orang tua dan guru untuk mengajak anak-anak melakukan gerakan senam 3M ABC yang disusun oleh para dokter spesialis kesehatan olahraga dari PDSKO. Gerakan senam ini, menurut dia, memasukkan unsur protokol kesehatan untuk mengingatkan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak yang harus diterapkan selama pandemi Covid-19. Gerakan senam ini berdurasi 12 menit dan dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari.

Anak-anak dianjurkan berolahraga secara rutin untuk menjaga daya tahan tubuh, mempertahankan serta meningkatkan ketahanan jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, menunjang kelenturan, dan mendukung perkembangan fisik, mental, sosial, perilaku dan kognitif anak. “Olahraga juga mencegah anak dari penyakit akibat kurang gerak, seperti kegemukan, diabetes, hipertensi, keropos tulang atau osteoporosis, dan lain-lain,” ujarnya.

Direktur Kalbe Consumer Health, Feni Herawati mengatakan, asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang merupakan kunci tumbuh kembang optimal pada anak. “Dalam menjalani pembelajaran tatap muka atau PTM terbatas, orang tua perlu memastikan anak-anak mematuhi protokol kesehatan 3M dan menjalankan gaya hidup sehat dengan menjaga asupan nutrisi yang cukup, bergerak aktif setiap hari, dan tetap ceria,” katanya.

Gerakan olahraga untuk anak ini terdiri atas pemanasan, gerakan peralihan, gerakan inti satu sampai enam, dan pendinginan. Senam ini mengajak anak menggerakkan seluruh bagian tubuh, mulai dari kepala, tangan, sampai kaki. Ada pula gerakan melompat dan variasi lainnya. Berikut gerakan senam 3M ABC.

#pakaimasker #jagajarak #cucitanganpakaisabun #hindarikerumunan #vaksinasicovid-19

Tinggalkan Balasan