Inilah 3 Cara Cek Tagihan Listrik

Hampir setiap bulan sebelum anda membayar tagihan listrik pasti selalu nengeceknya terlebih dahulu. Akan tetapii anda tidak perlu melakukan pengecekan apabila langsung mendatangi ke kantor PLN (Perusahaan Listrik Negara) terdekat dirumah anda. Sebenarnya tanpa mengecek, tagihan nominal yang harus anda bayar juga sesuai dengan tagihan listrik.

Hanya saja pengecekan dilakukan untuk mengantisipasi agar tagihan listrik tidak membengkak. Dengan begitu anda bisa membawa nominal uang yang cukup ketika hendak melakukan pembayaran.

Perlu anda ketahui bahwa sekarang ini PLN (Perusahaan Listrik Negara) memudahkan pelanggan dalam melakukan pengecakan tanpa harus mendatangi kantor PLN secara langsung. Berikut adalah cara cek tagihan listrik, antara lain :

Bagaimana Cara Cek Tagihan Listrik?

Cek Tagihan Listrik via  Call Center PLN

PLN (Perusahaan Listrik Negara) selalu memberikan kemudahan bagi anda dalam mengecek tagihan listrik. Apabila di lingkungan anda memiliki keterbatasan dalam mengakses internet, maka anda bisa melakukan pengecekan tagihan listrik melalui via sambungan telepon.

  1. Pertama anda harus menghubungi kontak ke Call Center PLN dengan memasukan nomor 123.
  2. Setelah itu tunggu hingga anda terhubung dengan operator Call Center.
  3. Jika sudah terhubung maka anda bisa memberi tahu operator mengenai nomor meteran maupun ID pelanggan.
  4. Tunggu beberapa saat dan operator akan memberikan informasi mengenai tagihan listrik anda bulan ini.

Cek Tagihan Melalui Aplikasi PLN

Perlu anda ketahui bahwa PLN (Perusahaan Listrik Negara) selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Buktinya sekarang ini sudah ada aplikasi resmi yaitu PLN Mobile. Nah anda bisa mengunduh aplikasi tersebut di ponsel anda untuk memudahkan anda dalam mengecek tagihan listrik.

  1. Buka aplikasi Play Store dan unduh aplikasi PLN Mobile.
  2. Setelah itu buka aplikasi PLN Mobile pada ponsel anda untuk melanjutkan pengecekan tagihan listrik.
  3. Biasanya akan muncul beberapa menu informasi pada layar ponsel, nah anda bisa memilih menu informasi dan tagihan listrik.
  4. Lihat dan masukkan nomor meteran anda atau ID pelanggan.
  5. Pastikan ID pelanggan yang dimasukan benar dan anda bisa klik Cari.
  6. Kemudian aplikasi PLN Mobile akan memberikan informasi yang akan ditampilkan pada layar ponsel. Besaran nominal dan status tagihan listrik anda akan terlihat dengan jelas.

Via Mobile Banking M-Syariah

Pada dasarnya aplikasi Mobile Banking M-Syariah banyak digunakan penggunanya untuk melakukan transaksi, baik transfer maupun tarik tunai. Namun siapa sangka jika anda juga bisa memeriksa tagihan listrik melalui aplikasi tersebut. Untuk mengetahui cara mengecek tagihan listrik melalui Mobile Banking M-Syariah, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu masuk ke aplikasi Mobile Banking M-Syariah.
  2. Setelah berhasil masuk biasanya akan muncul beberapa pilihan menu, dan anda bisa memilih menu listrik di halaman utama.
  3. Jika menu tersebut tidak tersedia, maka anda perlu klik lain-lain terlebih dahulu dan bisa memilih menu listrik pada bagian pembayaran.
  4. Kemudian anda bisa mengisi ID pelanggan atau nomor meteran yang sudah tersedia pada kolom.
  5. Klik selanjutnya dan tunggu sampai sistem memberikan informasi sesuai dengan ID pelanggan yang sudah anda masukan.
  6. Jika sudah berhasil anda juga bisa melanjutkan transaksi dan membayar tagihan lisrrik.

Itulah ulasan diatas mengenai beberapa cara mengecek tagihan listrik. Nah anda juga bisa membayar tagihan listrik melalui LinkAja. Dengan membayar tagihan listrik melalui LinkAja anda berkesempatan untuk mendapatkan berbagai promo menarik. Bisa saja anda mendapatkan diskon atau potongan harga ketika membayar tagihan listrik.

 

 

Tinggalkan Balasan