Mitos Tentang Pengisian BBM, Menggoyangkan Mobil hingga Mengisi di Pagi Hari

Informasi seputar pengisian bahan bakar minyak (BBM) marak berseliweran di media sosial. Namun tidak semua informasi-informasi tersebut tepat.

Beberapa informasi yang ada bahkan bisa menimbulkan salah kaprah pada masyarakat. Salah satu contoh yang sering kita lihat adalah beberapa pengendara kerap menggoyang-goyangkan kendaraanya saat mengisi BBM dengan asumsi tangki akan terisi lebih penuh.

Berikut ini adalah beberapa mitos yang beredar di masyarakat terkait pengisian BBM dan fakta yang sebenarnya dikutip dari berbagai sumber:

Mengisi di pagi hari lebih hemat

Teori ini berangkat dari asumsi tangki kendaraan akan memanas saat siang hari sehingga membuat partikel bahan bakar memuai. Sementara kalau mengisi di pagi hari, kondisi mesin masih dingin dan tangki bisa menampung banyak.

Faktanya tangki kendaraan tidak terpengaruh oleh suhu. Mengisi BBM pada pagi atau siang tidak akan ada bedanya.

Menggoyang-goyangkan mobil

Sewaktu mengisi bensin beberapa pengemudi kerap melakukan hal ini. Mereka berkeyakinan menggoyang-goyangkan kendaraan akan membuat gelembung udara cepat naik sehingga tangki dapat terisi lebih penuh.

Fakatanya, mobil yang beredar saat ini sudah dilengkapi dengan sistem ventilasi pada lubang tangkinya dan membuat udara di dalamnya akan keluar ketika diisi bahan bakar.

Mengisi saat hujan akan mendapatkan lebih banyak bensin

Teori ini berdasarkan asumsi saat udara dingin, bahan bakar akan menyusut karena sifatnya yang sensitif terhadap perubahan temperatur. Di samping itu, kondisi kelembapan ketika hujan akan meningkat sehingga penguapan lebih sedikit.

Faktanya teori ini benar namun penyusutan yang terjadi tidak besar dan penambahannya pun sangat sedikit.

Tidak boleh mengsisi bensin saat tangki timbun sedang diisi

Teori ini didasari asumsi jika truk sedang mengisi tangki timbun, maka kotoran di dasar tangki akan naik dan masuk ke dalam mesin pengisian BBM. Faktanya, dalam pengisian tangki timbun sudah terdapat prosedur pembersihan berkala sehingga tidak akan ada sisa kotoran yang akan ikut masuk ke kendaraan.

EIBEN HEIZIER

Dampak yang Mengintai Jika Sering Gonta-ganti BBM

Tinggalkan Balasan