Perbedaan Pengiriman Paket Dengan Pesawat dan Kapal Laut

Ketika mengirimkan paket antar negara anda diharuskan memilih apakah paket akan dikirimkan secara ekspres atau regular. Jika anda memilih pengiriman cepat biasanya paket akan dikirimkan menggunakan pesawat, namun jika memilih reguler paket akan dikirimkan melalui kapal laut.

Kedua cara pengiriman tersebut tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Anda harus memilihnya berdasarkan jumlah paket yang akan dikirim dan juga urgensitas paket yang akan anda kirimkan.

Nah, dalam artikel singkat berikut ini kita akan menjelaskan sedikit perbedaan ekspedisi pengiriman barang luar negeri menggunakan pesawat (ekspress) dan juga pengiriman paket dengan kapal laut (regular)

Apa Perbedaan Pengiriman Paket dengan Pesawat dan Kapal Laut?

  1. Harga

Semakin cepat paket dikirimkan tentu saja harga yang harus dibayarkan akan semakin mahal. Ini berlaku untuk pengiriman lewat pesawat. Anda harus membayarkan paket berdasarkan berat paket yang dikirim.

Nah, pertanyaannya kapan harus menggunakan pengiriman via laut atau udara? Jawabannya adalah ketika anda mengirim paket dalam jumlah besar atau kecil.

Jika anda mengirim paket dalam jumlah besar disarankan untuk menggunakan laut sedangkan jika mengirim dalam jumlah kecil dan pribadi seperti misalnya dokumen, kirim saja menggunakan jalur udara.

Namun, ini sebetulnya bebas saja, selama barang yang anda kirim memiliki nilai jual yang tinggi dan memiliki margin penjualan yang tinggi, mau pake udara atau laut tidak menjadi masalah. Sekali lagi ini tergantung selera masing-masing.

Selain itu, harga pengiriman juga dihitung berdasarkan jarak tempuh pengiriman, ongkir brunei darusalam ke Indonesia tentu saja akan lebih murah dibandingkan ongkir dari negara-negara Eropa ke Indonesia.

 

  1. Lama Pengiriman

Jika dilihat secara logika saja tentu anda sudah tahu mana paket yang mengalami pengiriman lama dan mana paket yang dapat tiba sampai tujuan secara cepat.

Dengan mengirim paket menggunakan pesawat, paket anda akan tiba dengan cepat namun tentu saja dengan ongkos kirim yang lebih mahal dibandingkan pengiriman via laut.

Pada pengiriman paket via laut, selain karena perjalanan via laut yang lama, terkadang juga paket tertahan lama di pelabuhan. Ini tentu saja disebabkan oleh antrean kontainer-kontainer berisi barang yang menumpuk di pelabuhan.

Setiap paket tersebut akan diperiksan dokumen-dokumen nya oleh pihak pihak terkait sehingga menimbulkan antrian yang lebih lama. Anda harus memahami proses ini dan memakluminya.

 

  1. Resiko dan Kualitas Pengiriman

Sebetulnya, selama paket dikemas atau dipacking secara rapih, paket tidak akan rusak atau mengalami kecacatan selama dalam perjalanan. Tentunya paket yang tidak mudah pecah belah ya.

Jika paket mengalami kecacatan selama perjalanan tentu saja anda juga yang akan rugi. So, pastikan bahwa paket telah di kemas secara aman dan rapih kepada pihak penjual.

Itulah tadi artikel singkat tentang perbedaan pengiriman paket luar negeri via laut dan juga udara. Mau mengirim paket via manapun terserah anda. Lakukanlah perhitungan secara matang, apalagi jika paket yang anda kirimkan memang digunakan untuk dijual ulang ataupun kepentingan bisnis lainnya.

 

 

Tinggalkan Balasan